Memelihara dan perawatan secara umum burung parkit Holland.

Burung Parkit Holand
Memelihara dan menagkarkan atau membudidayakan burung merupakan salah satu keberhasilan dalam berusaha. Akan tetapi tanpa didukung dengan pengetahuan atapun materi dan juga cara pemeliharaan akan menimbulkan keraguan ataupun kerugian. Materi dalam artikel ini merupakan materi umum sebagai bahan untuk pemeliharaan maupun perawatan.


Master burung youtube.
Master burung kenari: https://youtu.be/utVJbe0jehg
Master burung murai batu: https://youtu.be/VtKqrywxw18
Master burung cendet: https://youtu.be/oWY_xKbwvUo


Warna Burung Parkit Untuk Jenis Holland
Parkit Holland memiliki dasar dan variasi warna bulu yang lebih banyak jika dibandingkan dengan burung parkit lokal. Pilihan warna untuk setiap burung parkit Holland adalah hijau muda, merah muda, putih-biru-kuning, dan kombinasi 3 warna sekaligus.

Ukuran Tubuh Burung Parkit Holland
Untuk ukuran tubuh parkit Holland merupakan ukurannya besar akan tetapi dengan burung sejenis atau burung paruh bengkok Love Birds ukurannya lebih kecil dari burung tersebut.

Masa Pertumbuhan Burung 8 TahunBurung parkit jenis ini juga memiliki jangka hidup yang cukup lama. Diperkirakan hidup burung parkit Holland antara 5 sampai 8 tahun, tergantung perawatan dan pola makan yang dilakukan. Parkit Holand berasal dari negara Belanda, burung ini sudah beradaptasi dengan baik di cuaca yang dingin. Untuk memelihara parkit Holland di Indonesia, setidaknya memahami cara merawat burung parkit Holland.

Penangkaran Burung Parkit Holland
Harga parkit Holland untuk satu ekor dijual kisaran harga minimal Rp 200.000,- tergantung ketersediaan burung ini di pasaran.  Perawatan burung parkit Holland memang memerlupan perawatan secara itensive dan teliti.

Untuk bisa melakukan ternak parkit Holland, setidaknya anda harus tahu cara perawatan parkit Holland. Bagi anda yang ingin memiliki burung ini dengan harga yang murah, mencari peternak parkit Holland merupakan pilihan terbaik agar anda dapat memiliki burung ini dengan harga yang murah.

Ukuran Kandang Untuk Penangkaran
Burung satu pasang parkit Holland  memerlupan setidaknya kandang besi persegi panjang dengan ukuran minimal 40x30x60 cm.

Untuk ukuran kandang budidaya parkit Holland sama dengan parkit super lain. Burung memiliki ruang yang cukup untuk terbang dan bercengkerama dengan pasangannya.

Makanan Parkit HollandMillet merupakan makanan pokok yang juga merupakan sumber karbohidrat dan protein. Sediakan pakan burung secukupnya dan ganti secara teratur. Pastikan tempat makan burung bersih agar tidak ada bakteri dan makanan kering supaya tidak berjamur. Ataupun juga sayur merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi misalnya: jagung manis, kangkung, sawi putih, brokoli dan beberapa sayuran lain.

Sarang Burung
Jika anda berencana untuk melakukan budidaya parkit Holland, anda bisa menggunakan glodok berukuran 20 cm yang terbuka. Cukup gunakan baskom dengan alas yang ditutup dengan tissue lembut sebagai sarang. Tak perlu menggunakan glodok tertutup karena burung parkit Holland membutuhkan udara yang tidak terlalu panas.

Untuk lebih jelas mengenai bagaimana cara berternak atau merawat burung parkit Holland alangkah baiknya memiliki buku petunjuk untuk penangkaran dan cara berternak burung parkit Holland. Semoga dengan artikel ini bisa membantu.
Blogger
Disqus