Membuat sitemap dengan FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya untuk di blogspot

Sitemap atau peta situs
Pemahaman tentang Sitemap merupakan kumpulan URL halaman posting suatu blog yang telah dikelompokkan berdasarkan kategorinya. dapat disebut juga dengan daftar isi suatu blog. Pembuatan sitemap bertujuan memudahkan robot mesin pencari dalam menjelajahi suatu blog. Blog akan dinilai lebih terstruktur apabila memiliki halaman sitemap khusus.

Google memberikan layanan gratis berupa feedburner kegunaan kegunaan dari feedburner untuk meningkatkan trafik ataupun untuk mengoptimalkan iklan dalam pemilihan iklan dan postingan blog sesuai dengan judul konten terutama Google Adsense

Pembahasan dalam konten ini adalah membahas tentang membuat Sitemap atau peta situs dan membuat Feedburner, pembahasan akan kita bagi dalam dua bagian.

Pemahaman RSS Feedburner?

RSS Feedburner adalah sebuah web based tools yang memberikan kita kemudahan untuk mempromosikan dan memanage blog secara utuh. FeedBurner didirikan pada 2004. Awalnya merupakan layanan tersendiri, namun akhirnya diakusisi oleh Google khusus buat pengguna blogger.

Jika merujuk pada penjelasan Wikipedia, FeedBurner merupakan layanan manajemen umpan web (web feed), yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger dan podcaster serta aplikasi publikasi lain yang berbasis web. Layanan feedburner menyediakan analisis lalu lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang dapat dipilih.

Fitur yang terdapat pada feedburner, misalnya pengecekan berlangganan pada situs blog. Alasan mengapa menggunakan Feedburner karena pengguna akan diberi kemudahan mempublikasikan konten blog agar pembaca lebih mudah untuk melakukan subscribe atau berlanganan dan pendistribusian feed lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.

Pengguna Feedburner juga dapat melihat lalulintas berlangganan feed, seperti melihat jumlah subscriber, dari mana mereka berada dan apa yang mereka sukai. Layanan lain dari FeedBurner akan kita bahas dipenjabaran lain lengkap dengan cara mengoptimalkannya.

Bagaimana Membuat FeedBurner?
Sebenarnya, saat pertama kali kita membut blog feed telah aktif secara otomatis. Setiap blogspot atau blog memiliki struktur feed seperti ini http:// nama-blog-Anda.blogspot.com/feeds/post/default?alt=rss.

Namun feed defult blogspot ini tidak memberi kita keleluasaan melakukan optimalisasi. Perlu membuat atau mendaftarkan blog di Feedburner, caranya sebagai berikut:
  1. Buka link Feedburner, lalu login menggunakan akun email Gmail, khususnya yang Anda pakai diakun blogspot Anda. 
  2. Setelah login, pada kotak isian dibawah tulisan Burn a feed right this instant. Isikan blog yang Anda ingin daftarkan, lalu klik Next atau Selanjutnya. 
  3. Pada "Identify Feed Source", pilih source/sumber feed sesuai yang Anda inginkan, dan klik Next. 
  4. Pada halaman "Welcome! Let us burn a feed for you." tentukan judul dan alamat FeedBurner (URI) dari feed baru Anda dan kemudian klik Next. Jika Anda hanya punya satu blog, pilihan akan secara otomatis, namun jika lebih dari satu, pilih blog mana yang akan Anda daftarkan. 
  5. Halaman selanjutnya "Congrats! Your FeedBurner feed is now live. Want to dress it up a little?" langsung saja klik Next, ini hanya informasi ucapan selamat, begitu juga pada halaman setelahnya "Configure Your Podcast and Tell iTunes How To List It
  6. Pada halaman selanjutnya, Analyze Traffic atau "Get More Gusto From Your Feed Traffic Statistics." pilih Clickthroughs dan I want more! kemudian klik Next.
  7. Anda akan mendapatkan halaman dengan pesan You have successfully updated the feed "Nama Blog Anda". Berarti Anda telah berhasil memperbarui feed blog Anda. Selesai!
Pembuatan fdan pendaftaran alamat blog pada feedburner telah selesai dan mengoptimalisasi Feedfurner. FeedBurner memberikan fasilitas untuk memberikan layanan berlangganan artikel di blog, salah satunya adalah blog realityes. 

Sekian dulu pembahasan mengenai pembuatan sitemap dengan menggunakan feedburner sebagai petasitus blog. Dipersilahkan untuk menshared konten ke Facebook maupun Twitter dengan tidak merubah konten asli. Sekian dulu terima kasih.


Blogger
Disqus