Burung cinta atau burung lovebird dalam pola perawatannya dan juga penangkarannya.

Burung Lovebirds
Pertanyaanku:
Apakah burung lovebird bisa ditangkar?
dan dari negara mana burung lovebirds berasal?

Burung Lovebirds aslinya berasal dari negara Afrika dan keunikan dari burung ini membuat  seseorang ingin membeli dan penangkaran ke negara eropa di tahun 1800an. Semakin memikat daya tarik ke indahan maupun ke unikan burung tersebut pada akhirnya di kirim ke Amerika serikat dan negara-negara eropa.

Youtube video burung Love bird:
Perjodohan Lovebirds Albino dengan lutino : https://youtu.be/2R0vOQ7MjYc
Lovebird Lutino:  https://youtu.be/TLu2j4H3TCI
Love bird hijau standart: https://youtu.be/Uro6cmCJ2mY
Lovebirds hijau: https://youtu.be/TLu2j4H3TCI
 
Pemerintah di negara Amerika dan negara Eropa pada tahun 1970an melarang keras impor burung lovebird, dan pada akhirnya burung lovebird berhasil di tangkarkan oleh penduduk lokal.

Burung Lovebird di Habitat Alam.
Burung lovebird hidup secara berkelompok dari 5 hingga 20 ekor burung burung dan mereka cenderung selalu bersama dalam setiap aktivitasnya sebagai satu keluarga besar, pada musim kawin burung lovebirds hidup terpisah dan berpasangan. 

Filosofi yang berkembang di masarakat merupan burung yang setia dengan satu pasangan. jadi tidak mengenal poli gini maupun poli andri. Burung lovebird di habitatnya membuat sarang dengan cara melubangi pohon atau mencari lubang-lubang dalam pohon.

Pola Pakan Burung Lovebird
Makanan-makanan burung Lovebird seperti Millet, Jagung , Padi dan wijen. 


Spesis dari Lovebird
Burung lovebirds dibedakan dari beberapa jenis baik dari negara dimana burung tersebut ditangkarkan atau dikembangkan. Jenis-jenis Burung Cinta atau Love Bird sudah di kenal masyarakat secara umum, yaitu:

  • Black-Masked Lovebird (Agapornis personata). yaitu burung lovebird berasal dari negara tanzania dan ada juga yang ditemukan di negara Burundi dan negara Kenya. Kombinasi warna hijau dan ada juga berwarna biru, ukuran tubuh dari burung ini kurang lebih 15 cm. 
  • Fischer's Lovebird (Agapornis fischeri). yaitu lovebirds berasal darai negara Victoria, Tanzania utara. Ukuran dari burung ini kurang lebih 14-15 cm, warna bulu yang terdapat pada jenis burung ini adalah hijau, dan kekuningan pada bagian leher
  • Lilian’s Lovebird/ Nyasa Lovebird (Agapornis lilianae). Jenis love bird yang berasal dari Negara Malawi. Warna bulunya hijau dan kekuningan, tubuh bagian bawah dan tunggir, dahi, kerongkongan berwarna merah oranye. 
  • Black-cheeked Lovebird (Agapornis nigrigenis). Yaitu love bird yang berasal dari negara Zambia dan Zimbabwe. Jenis love bird ini memiliki warna hitam di bagian pipi dan memiliki warna hijau pada tubuhnya, dibagian leher, kepala berwarna coklat, bagian dada orange, depan kepala coklat kemerahan, paruhnya merah, serta memiliki lingkaran putih bagian mata.
  • Peach faced Lovebird (Agapornis roseicollis). Yaitu lovebirds yang berasal dari daerah negara Afrika. Memiliki bulu berwarna hijau, lebih kuning tubuh bagian bawah, dahi dan belakang mata berwarna merah. 
  • Black-winged Lovebird/Abyssinian Lovebird (Agapornis taranta). yaitu spesies lovebirds yang berasal dari negara Eritera selatan hingga Ethiopia selatan. Yang membedakan antara jantan dan betina adalah warna merah pada bagian depan kepala untuk jantan sedangkan betina keseluruhan berwarna hijau.
  • Red-faced Lovebird (Agapornis pullarius). Berasal dari negara Afrika bagian tengah. Bulu pada burung ini memiliki ciri khusus berwarna hijau dan leher atas, kepala berwarna merah.
  • Grey-headed Lovebird/Madagascar Lovebird (Agapornis canus). Adalah jenis lovebirds yang berasal dari  Madagaskar. Burung jantan warna abu-abu terdapat pada bagian leher hingga kepala.
  • Black-collared Lovebird/Swindern’s Lovebird (Agapornis swindernianus). Merupakan jenis lovebirds yang berasal dari negara bagian khatulistiwa Afrika. Pada umumnya berwarna hijau, coklat pada bagian leher dan warna hitam pada leher bagian belakang, serta paruhnya abu-abu tua hingga hitam.
Pemeliharaan dan Perawatan Lovebird
Burung Lovebird adalah burung yang lincah atau agresif, burung dengan suka dimanja dan cepat jinak.


Pemeliharaan burung ini sagatlah sederhana dan praktis baik perawatan harian maupun masa penjodohan, untuk pemeliharaan yang terpenting adalah kebersian kandang maupun pakan baik dari jamur maupun bakteri.

Untuk penjodohan ada beberapa cara atau metode dalam penjodohan burung lovebirds ini salah satunya dengan mengumpulkan beberapa anakan muda dengan kandang umbaran yang memiliki lebar,  panjang dan tinggi 2x2x2. Dengan metode tersebut maka burung akan mencari pasangannya masing-masing.

Pemilihan Kandang yang baik
Ketika memilih kandang untuk lovebird, dengan ukuran minimal 36'x24'x36'. Bahan kandang dengan terbuat dari besi, logam, alumunium dan kawat. Kandang berbahan kayu atau bambu tidak disarankan dalam pembuatan kandang.


Sinar Matahari penting untuk lovebird
Cahaya Matahari dan juga penerangan yang memadai sangat penting untuk Burung lovebird, ketika terkena Cahaya Matahari Minyak ini akan berubah menjadi vitamin D yang memberikan burung ini nutrisi untuk kebutuhan dan juga kesehatannya. 
Demikian pembahasan tentang Burung Lovebirds atau juga disebut Burung Cinta baik penjelasan, klasifikasi dan juga dari jenis-jenis burung tersebut semoga bermanfaat dan ikuti postingan kami berikutnya. 

Tertarik dengan postingan ini anda bisa mempublikasikan dengan cara menshaire konten ke Facebook, Twitter ataupun Google Plus.
Blogger
Disqus