Ayam Bangkok F1 Super

Ayam Bangkok Wiring Kuning
Ayam Bangkok Wiring Kuning
Cina pertama kali memperkenalkan ayam bangkok pada 1400 SM. Negara Cina merupakan breder atau peternak yang didatangan dari India, Vietnam, Myanmar, Thailand dan Laos. Mengawin silangkan beberapa ayam menjadikan anakan ayam dengan kualitas bagus serta memerlukan proses yang lama.

Dari negara mana ayam bangkok berasal?

Video koleksi ayam aduan

wiring kuning trah MAGON sebagai pacek sudah wafat
abaran latihan pukul jadi sama breding kedua.
Untuk melihat videonya https://youtu.be/VEpb3CXfh5E

Trah magon wirig kuning dengan Babon Bangkok trah pertama
Untuk melihat videonya  https://youtu.be/oplWnYDuAi8
dirawat oleh penghoby ayam laga usia 8 bulan

Negara Thailand salah satu breder yang berhasil mencetak ayam trah baru yang disebut king’s chicken. Keistimewaan ayam ini adalah memiliki gerakan cepat, pukulan akurat dan juga saat bertarung ayam ini smart. Sebutan ayam ini di negara Thailand adalah bleung hang qhao yang berarti ayam bangkok.

Breder terkenal dan memiliki nama besar di negara Asia adalah negara Thailand dan negara Laos, nama breder yaitu Vaj Kub, Xiong Cha Is dan kolonel Ly Xab. Pada tahun 1975, ayam bangkok milik Vaj Kub menjuarai ayam laga di Nampang, tempat adu ayam yang cukup bergengsi di negeri PM Thaksin Sinawatra. Ayam yang bernama Bay merupakan salah satu hasil breder Vaj Kub. Breder ayam Vaj Kub berhasil disaingi rekan sejawatnya dari kota Socra, Malaysia dari negeri jiran menghasilkan parent stock atau indukan unggul.

Thailand memang tak perlu diragukan lagi sebagai negara breding atau peternak ayam bangkok dengan kualitas bagus dan juga sebagai penambah devisa negera. Bisnis ayam di Thailand tidak hanya merambah kawasan Asia Tenggara saja, namun meluas ke Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat.

Di Indonesia, ayam laga sudah lama dikenal, sejak dari zaman Kerajaan Majapahit. Ciung Wanara, Kamandaka dan Cindelaras merupakan cerita rakyat berkaitan erat dengan kisah sejarah dan petuah yang disampaikan secara turun-temurun.

Yang membedakan secara umum Ayam Bangkok F1 dengan Ayam laga yang lain.
Ciri yang umum pada ayam bangkok f1 adalah sebagai berikut ini :
  • Suara kokok ayam keras dan pendek. Suara pada ayam bangkok memiliki suara keras dan pendek itu merupakan suara khas ayam bangkok.
  • Warna rawis. Ciri yang paling utama untuk membedakan ayam bangkok f1 super adalah pada pangkal paha belakang terdapat bulu rawis dan memiliki warna yang sama antara leher, bahu dan punggung. Perbedaan tersebut sangat terlihat karena warna dari bulu rawis tersebut warna khas ayam jago.  Atau disebut Khemine yang berfungsi sebagai penguat agar bulu ayam tidak mudah patah dan rontok dalam menghadapi perubahan iklim dan menjaga terbebas dari gangguan kutu di bulunya.
  • Gaya Dalam Bertarung. Ayam bangkok yang memiliki gaya bertarung cenderung menyerang akan tetapi tidak mengeyampingkan dari peternak untuk mengabungkan dari beberapa teknik bertarung.
  • Mental Dalam Bertarung. Inilah ciri khas yang terakhir dari empat ciri utama ayam Bangkok asli (F1). Ayam Bangkok F1 memiliki mental bertarung yang sangat kuat, sangat berani dan pantang menyerah, bahkan pada saat bertarung dengan lawan yang berpostur tubuh lebih besar sekalipun.
Karakter Tulang Terbaik Ayam Bangkok.
Penting bagi pengemar ayam bangkok adalah meraba kerapatan tulang yang dimiliki ayam bangkok.  Cara melihat atau meraba karakter tulangan ayam bangkok di bawan ini:
  1.     Sambungan kepala dan leher tidak menonjol.
  2.     Ruas tulang leher makin rapat.
  3.     Celah sambungan leher dan bahu rapat.
  4.     Tulang sayap dalam tebal.
  5.     Tulang pinggul bulat.
  6.     Tulang Wajah tidak kasar.
  7.     Tulang dada lebar.
  8.     Jarak tulang dada belakang dengan supit dekat.
  9.     Tulang supit rapat.
Dan juga keistemewaan dari ayam bangkok laga adalah pada warna bulu yang di sukai oleh pengemar ayam bangkok laga.

Untuk lebih jelas tentang pembahasan warna bulu pada ayam bangkok dan nama-nama ayam bangkok dengan corak serta warna bulunya :
  • Ayam bangkok wangkas. Warna dasar dari wangkas adalah kuning kemerah-merahan. Dan apabila warna bulunya lebih ke warna kuning keemasan diberi nama 
  • Wangkas Emas dan apabila warna bulunya lebih gelap kemerahan diberi nama dengan Wangkas Geni.
  • Ayam bangkok klawu. Warna bulu ayam Klawu adalah warna abu-abu sebagai warna dasarnya. Jika warna rawisnya lebih gelap atau abu-abu kehitaman diberi nama dengan Klawu Kethek apabila bulu rawisnya berwarna kuning kemerahan diberi nama dengan Klawu Geni.
  • Ayam bangkok wiring. Warna Wiring adalah warna bulu yang paling popular dari warna bulu yang lain. Mengenai corak dari warna wiring ini adalah dengan warna basic hitam, bulu rawis leher serta ekor berwarna kuning kemerahan. Jika bulu rawis didominasi warna kuning keemasan jadi dinamakan sebagai Wiring Kuning apabila lebih condong berwarna merah tua kecoklatan dimaksud dengan Wiring Galih.
  • Ayam Bangkok Putih. Dimaksud ayam putih atau juga dikenal sebagai Ayam Putih Seta jika ayam Bangkok aduan itu berbulu warna putih semua, baik warna basic ataupun warna rawisnya.
  • Ayam Bangkok Wido. Ayam Bangkok type Wido ini dipercaya memiliki ketenangan dalam bertanding, atau lebih memprioritaskan tehnik, hingga berkesan begitu waspada dalam memperlancar serangan pada lawannya.
  • Ayam Bangkok Jali. Warna jali adalah warna blirik.
  • Ayam Bangkok Blorok. Warna Blorok yaitu di mana warna bulu ayam bangkok itu bercorak totol-totol serta terbagi dalam gabungan beberapa jenis warna.
Demikian ulasan ulasan yang tidak harus pada ayam bangkok f1 super akan tetapi merupakan ciri fisik dalam membedakan dari jenis ayam bangkok silangan dan warna bulu pada ayam bangkok.

Bangkok f1 super adalah memiliki khas pada bagian paha, leher sayap memiliki rawes atau bulu halus yang sama warna yaitu kuning mas atau disebut rawes kuning.

Sudai dulu pembahasan mengenai bagaimana membedakan ayam bangkok dilihat dari kondisi fisik ayam. Diperbolehkan untuk menyebarluaskan artikel ini dengan tidak merubah konten yang ada di Facebook atapun Twitter.
Blogger
Disqus